-->

Tuesday, December 29, 2009

CEREBAL PALSY

CEREBAL PALSY






Cerebal : otak, palsy :kelumpuhan. Cerebal palsy ialah gangguan klainan tonus otot atau kelumpuhan yang disebabkan gangguan menetap di otak. Manifestasi gangguan otot ini ada bermacam-macam : ada yang lemas, kaku sekali, dan ada yang tangannya bergerak-gerak lurus, hal ini sangat bergantung bagaimana lokasi kerusakan otak terjadi.
Cerebal palsy bukan merupakan penyakit yang menular ataupun bersifat herediter. Saat ini crebal palsy belum dapat disembuhkan, walaupun penelitian ilmiah berlanjut untuk menemukan terapi yang lebih baik dan metode pencegahannya. Penelitian banayak dilakukan untuk memeperbaiki keadaan tersebut terutama pada bayi yang mengalami masalah pernafasan dan penggunaan terapai medikasi untuk mencegah pendarahan pada otak sebelum ataupu sesudah lahir.

Penyebab Cerebal palsy

Cerebal palsy tidak disebabkan oleh suatu penyakit. Cerebal palsy merupaka serangkaian penyakit dengan masalah mengatur gerakan, tetapi memiliki penyebab yang berbeda. Agar dapat menentukan penyebab cerebal palsy perlu digali mengenai hal riwayat hidup kesehatan ibu dan anak, bentuk Cerebal palsy, serta onsel penyakit.
Cerebal palsy konginetal, pada satu sisi lainnya tampak pada saat dilahirkan. Tidak sedikit bahwa Cerebal palsy konginetal tidak diketahui. Hal ini dapat terjadi dengan kejadian spesifik pada masa kehamilan atau sekitar terjadi kerusakan pusat motorik pada otak yang sedang berkembang. Terdapat beberapa cerebal palsy konginetal, yaitu :
• Infeksi selama kehamilan
• Ikterus neonatorum
• Kekurangan oksigen berat pada otak atau trauma kepala selama proses persalinan
• Stroke

Faktor Penyebab Cerebal Palsy

Terdapat tiga bagian penyebab terjadinya cerebal palsy pada anak, yaitu :
1. Sebelum lahir
Masalah bisa terjadi pada saat pembuahan bergabung dan sebelum bayi dikandung sehingga menghasilkan keadaan yang tidak normal yang berhubungan langsung dengan kerusakan jaringan syaraf. Adapun factor-faktornya anatara lain :
• Ibu menderita penyakit/infeksi
• Perilaku ibu
• Masalah gizi
2. Saat lahir
• Terkena infeksi jalan lahir
• Hipokesis iskemik ensefalopati
• Kelahiran yang sulit
• Asfiksia
• Bayi lahir premature
• Berat lahir rendah
• Pendarahan otak
• Bayi kuning
3. Sudah lahir
Biasanya paling rentan terjadi diusia 0-3 tahun. Terdapat penyebab-penyebab anatar lain :
• Infeksi pada selaput otak atau pada jaringan otak
• Kejang
• Karena trauma/benturan

Faktor-Faktor Resiko Cerebal Palsy

1. Letak lahir sungsang
2. Proses persalinan sulit
3. Apgar score rendah
4. BBLR dan prematuritas
5. Kehamilan ganda
6. Malformasi system saraf pusat
7. Pendarahan maternal pada saat masa akhir kehamilan
8. Retardasi mental dan kejang
9. Kejang pada bayi baru lahir

Gejala Cerebal Palsy

Gejala Cerebal palsy biasanya tergantung dari jenisnya. Jenis Cerebal palsy antara lain :
1. Spastik
Kerusakan terjadi di traktus kortikospinalis, anak mengalami kelumpuhan yang kaku, refleksnya menggigil, misa, reflex moro yang sering terjadi, baik dirangsang maupun tidak. Dan ada reflex yang menetap, padahal seharusnya hilang diusia tertentu tapi masih ada, misalnya reflex menggengam pada bayi, normalnya menghilang diusia 3-4 bulan, tapi pada anak Cerebal palsy ini muncul atau tetap ada.
2. Koreo-Atentoid
Dikenal dengan istilah Cerebal palsy disktinetik atau egrak, jadi tangan anak atau terkadang kakinya bergerak-gerak melengkung-lengkung, sikapnya banormak dan gerakannya infolumenter dengan sendirinya. Reflex neonatalnya menetap. Kerusakan terjadi di ganglian basalis.
3. Aktaksik
Gangguan kordinasi, gerakannya melengkung juga, tapi biasanya gangguan ditulang belakangnya: lehernya kaku dan tampak melengkung. Gangguan ini biasanya menunjukkan perkembangan motorik yang terlambat sehingga kehilangan keseimbangan, yang dapat kelihatan saat anak belajar duduk. Kerusakan otaknya diselebrum.
4. Distonia
Ada yang ototnya kaku dan ada juga yang lemas seperti sebongkah daging. Kerusakan otaknya terdapat dibagian korteks, dan ganglia basalis.
5. Balismus
Ada gerakan yang tidak terkordinasi atau involumenter, kadang juga melengkung-lengkung. Kerusakannya di ganglia basalis.
6. Campuran
Merupakan jenis Cerebal palsy dengan semua gabungan jenis diatas. Kerusakannya bisa terjadi didaerah otak mana saja.






2 comments:

raditya dermawan said...

mau nanya donk!!
disitu ditulis faktor penyebab cerebral palsy saat lahir itu hipokesis iskemik ensefalopati,asfiksia. maksudnya apa ya?

Putrii Kumala Dewii said...

**HIE atau hipoksis iskemik ensefalopati
saat lahirr bayi dalam keadaan tidak sadarr, bahkann tidak menangis dan justru mengalami kejang. hingga kekurangann oksigen ke otak. akibatnya jaringan otak rusak ..

**asfiksia
bayi lahir tak bernafass, bisa karena paru2 penuh cairan atau karena ibuu mendapatkan anestasi (obat bius) terlalu banyakk .

thankiess dear :)