-->

Sunday, April 15, 2012

Gambaran pekerjaan di bidang psikologi yang menggunakan komputer sebagai media

            Psikologi adalah studi tentang manusia, sehingga wajar jika menganggap bahwa computer tidak memiliki peran penting. Tetapi jangan salah, psikologi seperti halnya bidang-bidang lainya sangat bergantung pada penggunaan Komputer. Dengan computer kita bisa mempelajari pikiran dan perilaku manusia, untuk memperluas penelitian psikologis dan hamper berguna di semua aspek praktek psikologis.

1. EEG Pencitraan Teknik
      EEG (Elektroensefalografi) adalah teknik pencitraan otak yang tidak dapat dilakukan tanpa penggunaan computer untuk merekam dan menganalisis output. EEG adalah teknik yang digunakan untuk mendeteksi kelainan yang berkaitan dengan aktivitas listrik diotak. Sel-sel otak berkomunikasi melalui penggunaan implus listrik. Dapat dicatat dan dideteksi dipermukaan kulit kepala melalui prosedur EED, yang melacak dan mencatat pola-pola listrik diotak. Aktivitas normal diotak menghasilkan sinyal listrik.  Psikolog paling sering menggunakan EEG untuk mendiagnosa dan memantau kejang dan gangguan epilepsi, tapi EEG juga dapat mengidentifikasi penyebab gangguan lain, termasuk gangguan tidur dan perubahan perilaku normal, atau masalah dalam perkembangan bahasa. Hal ini juga digunakan ketika psikolog mengevaluasi aktivitas otak setelah trauma fisik yang parah, untuk menentukan apakah pasien mengalami kelainan kognitif karena cedera.
           
2. fMRI Teknik
     Lain teknik pencitraan otak yang signifikan yang tidak akan mungkin tanpa komputer adalah fMRI - pencitraan resonansi magnetik fungsional. Proses ini menggunakan medan magnet yang sangat kuat, pulsa frekuensi suara, dan komputer untuk menghasilkan gambar rinci otak (dan organ lainnya) dan untuk mengukur perubahan metabolik kecil yang jelas ketika bagian dari otak menjadi aktif. fMRI sangat penting untuk mempelajari psikologi karena memungkinkan peneliti untuk mencocokkan bagian-bagian tertentu dari otak untuk tugas-tugas kognitif tertentu (seperti membaca, memori, dan berbicara).

3. Psikologi Pendidikan
      Teknologi instruksional adalah berkembang pesat sub-bidang psikologi pendidikan yang difokuskan pada mempelajari dampak bahwa media digital (seperti komputer) terhadap pembangunan pendidikan dan anak. Penelitian di psikologi pendidikan berfokus pada implementasi yang berbeda dari komputer untuk kepentingan instruksi kelas. Papan tulis digital, video game, jaringan sosial, dan digital pikiran-pemetaan program - yang semuanya tidak bisa ada tanpa komputer, dan semua yang berada di tepi pemotongan teori pendidikan dan praktik.

4. Penelitian dan Analisis
      Komputer juga sangat penting dalam penelitian psikologis, terutama karena penelitian psikologi kontemporer begitu statistik intensif. Komputer yang sering digunakan bersama dengan perangkat lunak khusus (seperti SPSS dan SAS) untuk memproses dan menganalisis set data besar. Penelitian psikologis, dalam banyak kasus, difokuskan pada mempelajari populasi yang   besar selama masa waktu yang panjang. Komputer dan teknologi perangkat lunak yang diperlukan untuk memproses data ini dengan cara yang cepat dan konstruktif untuk memfasilitasi penelitian psikologis dan membuat menyimpan data bagi para peneliti masa depan untuk memanfaatkan.

5. Pertimbangan
      Masih penting untuk diingat bahwa Komputer adalah inovasi yang relatif baru, dan bahwa bidang akademik, khususnya psikologi, telah ada tanpa mereka dalam waktu yang sangat lama. Komputer membuat kehidupan semua profesional dan peneliti secara signifikan lebih baik, tetapi juga memungkinkan untuk menjadi kewalahan dengan kemungkinan teknologi computer yang sekarang telah banyak. Jadi, kadang-kadang, yang terbaik adalah memperlakukan mereka sebagai salah satu alat,  dan tidak bergantung pada mereka terlalu banyak dalam merancang praktek psikologis dan agenda penelitian.


sumber :
http://www.ehow.com/about_5373614_computers-beneficial-psychology.html

No comments:

thankiess dear :)