Beberapa gejala yang terlihat :
- anak bisa berbicara dengan baik, tapi menulis dengan jelek
- mengeja dengan salah (kata dieja berbeda), terbalik, bunyi yang hampir sama, menghilangkan bunyi.
- salah mengerti pertanyaan atau kuis.
- salah mengurutkan angka dan terbalik menulis angka
- secara umum tidak mampu menulis (dengan waktu dan perhatian yang diberikan untuk itu)
- tidak konsisten : mencampuradukkan huruf, huruf besar dan kecil, ukuran huruf yang tidak teratur, bentuk huruf tidak teratur, bentuk benda yang tidak beraturan ukurannya.
- Tidak menyelesaikan kata atau huruf-huruf yang ditulisnya.
- Posisi menulis yang tidak konsisten pada halaman kertas dibandingkan garis dan batas kiri/kanan kertas.
- spasi yang tidak beraturan di antara huruf dan kata
- cara memegang pensil yang tidak biasa (karena pengaruh motorik halus), terutama memegang pensil sangat dekat dengan kertas atau jari jempol menutupi dua jari dan menulis dengan pergelangan tangan
- Bicara sendiri dengan keras saat menulis atau sangat memperhatikan tangan saat menulis
- Lambat dan sangat susah mencatat dan menulis, walaupun dari material yang sangat rapi dan mudah
- Kesulitan berpikir dan menulis pada saat yang sama (mencatat, mengarang)
- kesulitan membayangkan formasi huruf
No comments:
Post a Comment